Kamis, 01 Agustus 2013

Menolong Penderita Keracunan Makanan

PADA umumnya penderita keracunan makanan dapat ditolong dengan memberikan air atau susu. Tetapi pada dasarnya salah satu cara dapat digunakan dengan memasukkan jari ke dalam keringkonan ( saat penderita pingsan, JANGAN melakukannya )

  1. KERACUNAN DAGING/ IKAN BUSUK
    Penanganan : Minum sedikitnya satu gelas besar santan kelapa kental. Sesudah itu disusul minum air kelapa muda. Dapat juga ditambahkan kaolin (bolusalba) sebanyak 20 gr pada air kelapa muda tersebut.
  2. KERACUNAN TEMPE BONGKREK
    Penanganan : Kelapa yang cukup tua, diparut dan diberi air satu cangkir, diperas dan disaring, lalu diminum. Setelah itu minum air kelapa hijau satu gelas.
  3. KERACUNAN UDANG
    Penanganan : Minum air kelapa hijau agar penderita dapat cepat muntah.
  4. KERACUNAN JAMUR
    Penanganan : Telur ayam satu butir dikocok lalu diminumkan kepada penderita agar cepat muntah. Setelah itu diberi minum air kelapa hijau satu gelas.
  5. KERACUNAN PESTISIDA
    Penanganan : Masukkan jari (yang BERSIH) ke dalam mulut bagian belakang, agar penderita dapat muntah. Setelah itu diberi minum air kelapa hijau yang diberi sedikit garam.
Jadi pada dasarnya, penanganan untuk keracunan di atas adalah kurang lebih menggunakan kelapa hijau. Kenapa? akan dibahas DI POST selanjutnya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar